Belajar Pemrograman C++ chapter 1 (Komentar, Identifier)
Dalam postingan kali ini saya akan membahas mengenai elemen-elemen dasar dalam pemrograman C++, seperti komentar dan identifier (pengenal). Berikut penjelasannya.
KOMENTAR
Komentar adalah bagian dari sintaks yang berguna untuk memberikan penjelasan suatu program agar mudah dimengerti. Pada saat proses kompilasi suatu program, komentar akan dilewatkan dan tidak akan dibaca . Dalam C++ ada 2 jenis sintaks komentar yang dapat dipakai, yaitu :
- Dengan tanda // : Sintaks jenis
ini digunakan untuk komentar satu baris saja, dan apabila kita membuat sintaks
dibawah komentar ini akan dianggap sebagai program yang akan dikompilasi.
Contoh : //Ini komentar
- Dengan tanda /*...*/ : Sintaks ini digunakan untuk untuk komentar satu baris ataupun lebih dari satu barisasalkan berada dalam tanda.Contoh : /*ini komentar*/
IDENTIFIER
Identifier adalah suatu pengenal yang
digunakan untuk menampung nilai pada suatu program.
Contoh :
Char teks;
Int X;
Huruf yang berwarna merah diatas
merupakan identifier. Untuk menyimpan suatu nilai pada identifier digunakan
sintaks cin
dengan operator >>, sedangkan untuk
menampilkan nilai yang dimiliki suatu identifier digunakan sintaks cout dengan
operator <<.
Berikut contoh programnya :
#include <iostream>
using namespace std;
char teks[20];
int x;
int main (){
cout << “masukkan sebuah teks :
”; //menampilkan teks
cin >> teks; // memasukkan nilai pada identifier
cout << “masukkan sebuah angka
:”; //menampilkan teks
cin >> x; //memasukkan nilai pada x
cout << teks << endl; // menampilkan
nilai yang telah diinput pada teks
cout << x; //menampilkan
nilai yang telah diinput pada x
return 0;
}
|
Perhatian : ingat bahwa tanda // adalah
sebuah komentar dan tidak akan ikut dibaca pada program.
Berikut adalah hal-hal yang perlu
diperhatikan dalam pembuatan identifier:
- Perhatikan huruf kapital dan huruf kecil pada pembuatan identifier. C++ mertupakan bahasa pemrograman yang case sensitive artinya, huruf yang digunakan pada pembuatan identifier memiliki pengaruh, misal kita membuat identifier x (huruf kecil kemudian kita memanggil di cout adalah C (kapital), hal ini akan mengakibatkan kesalahan pada saat kompilasi program.
- Pembuatan identifier tidak boleh berupa angka ataupun diawali dengan angkaContoh : int 2; // ini salahint 3satu; // ini salah
- Tidak boleh pakai spasi. Contoh : int ini teks //salah karena ada spasi
- Tidak boleh berupa simbol (@, #, $, %, ^, &, dll). Contoh : char @satu; // ini salah
- Tidak boleh memakai kata kunci yang ada pada C++ . Contoh : Int return; // ini salah
KONSTANTA
Konstanta merupakan identifier yang
bersifat konstanatau tetap. Konstanta digunakan pada saat kita ingin membuat
nilai identifier yang telah ditentukan. Misalnya untuk phi (3.14), kecepatan
cahaya, gravitasi, dll. Terdapat 2 cara untuk membuat konstanta.
1. Dengan prepoccessor directive #define
Contoh
: #define phi 50;
2. Menggunakan kata kunci const
2. Menggunakan kata kunci const
Contoh:
#include
<iostream>
using
namespace std;
const
int phi = 3;
int
main(){
cout << “nilai phi adalah :”;
cout << phi;
return
0;
}
|
VARIABEL
Variabel adalah
identifier (pengenal) yang memiliki nilai yang dinamis, artinya nilai yang
disimpan pada variabel dapat kita ubah sesuai dengan kebutuhan. Bentuk umum
penulisan dari variabel dalam C++ adalah seperti ini:
Tipe_data nama_variabel;
Contoh :
char kelas;
Variabel juga
penulisannya dapat disingkat, asalkan jenis tipe datanya sama, bentuk umum
penulisannya sebagai berikut:
Tipe_data nama_variabel1,
nama_variabel2;
Contoh:
int angka1,angka2;
Dan kita juga
bias membuat variabel memiliki nilai, contohnya seperti:
int angka=100;
Variabel global
Variabel global
adalah variabel yang dapat dikenali di seluruh bagian program kita, dalam
membuat program C++ tentu kita selalu membuat fungsi utama yaitu main(). Agar
suatu variabel dianggap sebagai variabel global kita hanya tinggal
mendeklarasikan variabel sebelum fungsi utama.
Contoh :
#include <iostream>
using namespace std;
int x; //x adalah variabel global karena
dideklarasikan sebelum main()
int main(){
x=5; //memberi nilai 5 pada variabel x
cout << "nilai x adalah " <<
x << endl; //menampilkan nilai x pada layar
return 0;
}
|
Hasilnya :
Variabel Lokal
Variabel local
adalah variabel yang hanya dikenali oleh suatu fungsi saja dan tidak akan dikenali
pada fungsi yang lain. Pendeklarasian variabel lokal dilakukan dengan cara
menempatkannya di dalam suatu fungsi. Contoh pendeklarasian variabel lokal
sebagai berikut:
#include <iostream>
using namespace std;
int main(){
int satu;
//mendeklarasikan satu sebagai variabel lokal
satu = 30;
//memberi nilai awal 30 pada variabel lokal satu
cout << "nilai lokal adalah "
<< satu << endl;
return 0;
}
|
Hasilnya :
Variabel Statis
Variabel statis adalah variabel yang nilai terakhirnya akan terus diingat/disimpan dalam memori komputer. Untuk pendeklarasiannya menggunakan kata kunci static. Seperti halnya variabel biasa, variabel statis dibagi menjadi 2 jenis yaitu variabel statis global dan variabel statis lokal. Bentuk umum pendeklarasiannya adalah sebagai berikut:
static tipe_data nama_variabel;
contoh:
static int X;
Contoh Program:
#include
<iostream>
using
namespace std;
//Membuat
fungsi contoh
int
contoh(){
static int X = 0; //inialisasi awal nilai x
X = X + 10;
return X;
}
//Fungsi
utama
int
main(){
int a, b, c;
a = contoh();
b = contoh();
c = contoh();
cout << "Menampilkan nilai x :
" << a << endl;
cout << "Menampilkan nilai y :
" << b << endl;
cout << "Menampilkan nilai z :
" << c << endl;
return 0;
}
|
Variabel Register
Variabel jenis ini menyimpan nilainya di register CPU sehingga proses jalannya program menjadi lebih cepat dibandingkan dengan variabel biasa karena tidak dibutuhkan akses memori untuk mengubah atau mengisikan nilai pada variabel ini. Variabel register hanya boleh dideklarasikan sebagai variabel lokal dengan tipe data char, int, pointer saja. Pendeklarasiannya menggunakan kata kunci register.Contoh pendeklarasiannya:
register int x;
Sekian untuk postingan kali ini. Semoga bermanfaat. Happy Nice day... : )
Posting Komentar untuk "Belajar Pemrograman C++ chapter 1 (Komentar, Identifier)"